Main menu

Pages

www.nenginfoo.xyz

Yang mau masak rawon tapi takut gagal dan gak enak cobalah resep yang Neng Infoo share kali ini. Saya gak hanya share satu resep saja, tapi saya akan berbagi semua kreasi resep rawon di blog ini. Rawon merupakan masakan daging berkuah hitam khas Indonesia yang berasal dari Jawa Timur. Nah yang biasa makan rawon di warung, apa kalian sudah pernah coba kreasi dari kedua rawon yang saya bagikan disini?. Biasanya warung-warung makan yang menjual rawon hanya menyediakan satu menu rawon saja kan. Sekarang cobalah buat di rumah kalian sendiri masakan-masakan rawon ini. Di artikel ini saya hanya share 2 resep rawon saja, kalian bisa baca kreasi resep rawon lainnya disini 2 resep rawon spesial.

4 Resep Rawon

1. Resep Rawon Bening

Rawon bening
By : @dianayupuspitasar

Kalau untuk rawon, seringnya saya masak model begini. Kluweknya masih kasar-kasar begitu. Biasanya daging 1/2 kg saya pakai 2 biji kluwek aja trus diulek kasar. Tidak pakai kemiri juga tidak  pakai cabe merah juga ya, biarkanlah saya masak dengan bebas. Ini rawon ala saya, ala keluarga saya, bahan dan bumbunya saya dibelikan suami, kalau resepnya cocok atau mau dimodifikasi ya silahkan.

Bahan rawon bening :
1/2 kg daging sapi.
2 buah daun bawang, iris.
4 butir bawang merah, haluskan.
3 siung bawang putih, haluskan.
2 bijin kluwak, haluskan.
1 ruas kunyit, haluskan.
1/2 sdt ketumbar bubuk.
1 ruas lengkuas, geprek.
2 batang sereh, geprek.
1 lembar daun salam.
2 lembar daun jeruk.
1/2 sdt terasi.
1/2 sdt gula merah.
Gula dan garam secukupnya.


Cara membuat rawon bening :
1. Bersihkan daging sapi lalu potong-potong dan rebus sampai empuk. Saya menggunakan presto selama 10 menit, buang lemak nya ketika air rebusan sudah dingin kemudian sisihkan.
2. Tumis semua bumbu lalu masukan daging dan air, garam dan gula, gula merah dan daun bawang. 3.Rebus hingga bumbu meresap ke dalam daging lalu koreksi rasanya dan sajikan.


2. Resep Rawon Daging 

www.nenginfoo.xyz

Rawon daging 
By : @tiaskaryaps

Bahan rawon daging :
 1/4 daging sapi bagian lulur
3 bh daun jeruk
2 bh daun salam
Sereh, geprek 
 Lengkuas, geprek 
4 bh telur asin
Seledri, potong 1 cm
 Daun bawang, potong 1 cm
Tauge
Sambal
Air 
Minyak
Royco sapi
Jeruk nipis

Bahan bumbu halus :
6 bh kluwek
10 siung bawang merah
6 siung bawang putih
2 cm kunyit
2 cm jahe
1 sdt ketumbar
1/2 lada
Gula dan garam secukupnya 
Minyak goreng

Bahan sambal :
20 bh cabe rawit
2 bh cabe merah besar
 Terasi dibakar
5 bh bawang merah


Cara membuat rawon daging :
1. Siapkan panci dan panaskan air hingga mendidih
2. Bersihkan dan potong-potong daging sapi sesuai selera
3. Masukan ke dalam rebusan air yang sudah mendidih dan rebus daging hingga setengah lunak lalu angkat daging tiriskan
4. Blender semua bumbu halus
5. Tumis bumbu halus, tambahkan sereh, daun salam, daun jeruk dan lengkuas
6. Masukan daging ke dalam tumisan, masak hingga bumbu meresap sekitar 15 menit
7. Masukkan tumisan dan daging ke dalam air rebusan daging tadi, tambahkan royco dan tes rasanya
8. Masak kembali hingga daging empuk menggunakan api kecil
9. Angkat dan sajikan selagi panas dan jangan lupa tambahkan pelengkap seperti tauge, seledri daun bawang, sambal, jeruk nipis dan telur asin.

Comments

2 comments
Post a Comment
  1. numpang promote ya min ^^
    buat kamu yang lagi bosan dan ingin mengisi waktu luang dengan menambah penghasilan yuk gabung di di situs kami www.fanspoker.com
    kesempatan menang lebih besar yakin ngak nyesel deh ^^,di tunggu ya.
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete

Post a Comment

table of contents title