Main menu

Pages

Pesona Pulau Bintan di Sumatra


Belum banyak orang mengetahui bahwa di Pulau Bintan menyimpan banyak pesona keindahan alam dan tempat-tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Pulau Bintan adalah salah satu pulau yang terletak di Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, Sumatra. Pulau Bintan memiliki luas 60, 057 km² dan pulau ini adalah pulau terluas di Kepulauan Riau. Bagi kalian yang tinggal di Sumatra maka tidak perlu jauh-jauh untuk berwisata ke luar negeri atau ke pulau-pulau lain, karena Pulau Bintan tidak kalah indahnya dengan tempat-tempat pariwisata di daerah lain. Berikut ini adalah beberapa tempat-tempat wisata di Pulau Bintan :

Pesona Pulau Bintan di Sumatra


1. Vihara Patung Seribu di Pulau Bintan

www.nenginfoo.xyz

Destinasi wisata Religi satu ini sangat menarik banyak wisatawan Indonesia dan mancanegara karena di vihara ini terdapat banyak sekali patung buddha yang jumlahnya sekitar 500 patung. Sebenarnya vihara ini bernama Vihara Ksitigarbha Bodhisattva, tetapi para wisatawan dan orang-orang sekitar menyebutnya vihara patung seribu buddha atau vihara patung seribu wajah. Dinamakan patung seribu wajah karena semua patung-patung yang berada disana memiliki ekspresi wajah yang berbeda-beda, seperti ekspresi wajah yang sedang tertawa, menangis, cemberut, sedih, bahagia, dll. Patung-patung di vihara patung seribu ini didatangkan dari negeri Tiongkok. Patung-patung tersebut merupakan patung para biksu dan ada juga beberapa patung dewa buddha. Harga satu patung di vihara ini berkisar Rp 25 juta dan pemilik vihara ini adalah seorang warga Singapura.


Lokasi Vihara Patung Seribu


Lokasi Vihara Patung Seribu berada di Jalan Nusantara, Kota Tanjung Pinang. Vihara ini dibangun selama 14 tahun. Dahulunya Vihara Ksitigarbha Bodhisattva hanya untuk beribadah untuk umat buddha saja, namun sekarang vihara ini dibuka untuk umum sebagai tempat wisata religi. Siapa saja boleh berkunjung ke vihara ini, bagi kalian yang beragama lain seperti islam, kristen, hindu boleh mengunjungi tempat ini untuk berwisata. Untuk bisa masuk ke vihara ini kalian hanya perlu mengeluarkan biaya Rp 5.000 - Rp 30.000. 


2. Gurun Pasir Bintan dan Telaga Biru

www.nenginfoo.xyz

Tahukah kalian beberapa daerah di Indonesia memiliki gurun pasir yang indah, bukan hanya negara di Timur Tengah saja yang punya gurun pasir. Di Pulau Bintan juga terdapat gurun pasir yang tidak kalah bagusnya dengan gurun pasir yang berada di Timur Tengah. Nama Gurun Pasir di Pulau Bintan ini adalah Gurun Pasir Busung, dahulunya tempat ini adalah tempat penambangan pasir. Karena hasil penambangan liar dan erosi pasir mengakibatkan pasir-pasir disini berbentuk menyerupai gurun pasir.  

Di tengah Gurun Pasir Bintan ini juga terdapat telaga yang sangat indah dan airnya berwarna biru jernih sehingga dimanakan Telaga Biru. Dahulunya Telaga Biru tersebut terbentuk perlahan-lahan dari sebuah kubangan air hujan dan airnya berwarna biru jernih juga dari air sungai mangrove karena kawasan ini berada di kawasan hutan mangrove. 

Lokasi Gurun Pasir Bintan dan Telaga Biru Bintan


Lokasi Gurun Pasir Bintan berada di Desa Busung, di Kecamatan Tanjung Uban, Bintan. Jika dari kota Tanjung Pinang sekitar 45 menit untuk bisa sampai kesini. Setiap akhir pekan ramai para wisatawan dari luar daerah, lokal dan dari negara lain yang datang ke Gurun Pasir Bintang ini untuk menikmati pemandangan disini. Biaya untuk masuk ke tempat ini hanya Rp 2.000- Rp 5.000 saja untuk biaya parkir dan untuk wisatawan dari luar negara dikenakan biaya Rp 10.000.


3. White Sands Island Bintan

www.nenginfoo.xyz

White Sands Island Bintan atau Pulau Pasir Putih Bintan adalah pulau yang memiliki pemandangan sangat cantik di Pulau Bintan. Sesuai namanya pasir di pulau ini berwarna putih dan air laut di pulau ini sangat jernih dan bersih sehingga sangat memanjakan para wisatawan yang berkunjung kesini. Untuk menjelajah ke pulau ini kalian memerlukan biaya sekitar Rp 150.000. Di White Sands Island kalian bisa melihat penangkaran penyu. Terdapat resort atau tempat penginapan di pulau ini jika kalian ingin menginap untuk menikmati suasana disini. 

Lokasi White Sands Island treletak di Desa Teluk Bakau, jika dari kota Tanjung Pinang maka memerlukan waktu sekitar 1 jam untuk bisa sapai ke pulau tersebut. Memang cukup lama dan jauh tetapi rasa capek yang kalian tempuh untuk ke White Sands Island akan terbayarkan ketika kalian melihat pemandangan di pulau ini.


4. Crystal Lagoon Treasure Bay Bintan

www.nenginfoo.xyz

Crystal lagoon ini merupakan destinasi wisata kolam air yang terlihat sangat mewah dan terbesar di Asia Tenggara, luasnya 6,3 hektar. Kolam tersebut diisi dengan air laut yang bersih dan jernih karena air laut tersebut telah disaring. Disekeliling Crystal Lagoon terdapat 100 kemah-kemah penginapan bergaya modern yang didalamnya disediakan fasilitas-fasilitas mewah seperti AC, wifi, bed, dll. Kemah-kemah penginapan tersebut dikenal dengan nama Natra Bintan. Di kolam Crystal Lagoon ini kalian bisa bermain beberapa olahraga air dan seluncuran. Lokasi Crystal Lagoon tepatnya berada di Teluk Sebong Lagoi, Pulau Bintan.


5. Pulau penyengat 

www.nenginfoo.xyz

Di Pulau Penyengat terdapat beberapa peninggalan-peninggalan bersejarah kerajaan melayu dan situs penting budaya melayu yang sayang kalau kalian lewatkan jika berkunjung ke Pulau Bintan. Pulau Penyengat di Pulau Bintan ini pernah dicalonkan kepada UNESCO sebagai situs warisan dunia. Di Pulau Penyengat ini juga terdapat mesjid tua yang masih berdiri kokoh sampai sekarang yang dibangun pada tahun 1932, mesjid tersebut bernama Mesjid Sultan Riau. Mesjid Sulan Riau dijadikan central pembelajaran islam di Riau dan Sumatra. Setiap hari-hari besar umat islam banyak jamaah dari negara-negara melayu berkunjung ke mesjid ini, seperti jamaah negara Singapore, Brunei Darussalam dan Singapore. Di dekat Mesjid Sultan Riau terdapat makam sultan-sultan Riau yang selalu ramai dikunjungi para wisatawan.

Selain itu di Pulau Penyengat juga terdapat Gedung Gonggong, dinamakan Gedung Gonggong karena bentuk gedung ini seperti siput laut. Gedung ini adalah tempat kebudayaan dan informasi wisata Tanjung Pinang. 

Untuk bisa sampai ke Pulau Penyengat kita harus menyebrang laut dengan menggunakan perahu motor atau yang biasa disebut engan perahu pompong dan jarak yang ditempuh kurang lebih sekitar 15 menit, harga tiketnya murah cukup yaitu hanya Rp 7000. per orang. 

Comments

table of contents title