Main menu

Pages

2 Resep Nasi Super Sedap

www.nenginfoo.xyz

Di Indonesia nasi merupakan makanan sehari-sehari yang kita makan setiap hari. Tidak lengkap rasanya jika sehari saja kita tidak makan nasi. Biasanya nasi yang kita makan sehari-hari adalah nasi putih disertai dengan lauk pauk dan sambal sebagai menu pelengkap. Hidangan masakan nasi ada bermacam-macam dan berbeda-beda rasanya. Di Indonesia kita banyak sekali warung-warung yang menjual aneka menu nasi yang bervariasi, bahkan ada juga yang mengkreasikan nasi menjadi menu yang sangat kreatif dan berbeda dari yang biasanya kita makan. Seperti yang kita ketahui di Indonesia ada nasi kuning, nasi pecel, nasi padang, nasi uduk, nasi liwet, nasi lemak, nasi ulam, nasi minyak, nasi gegok, dan lain-lain. 

Sebelumnya di blog ini Neng Infoo sudah pernah share resep nasi goreng yang unik dan resep nasi bakar. Sudahkah kalian mencoba kedua resep nasi yang saya share sebelumnnya disini? Semua resep yang saya share untuk kalian semua adalah resep-resep kreatif dan rasanya enak. So, jika belum kalian harus mencobanya untuk menambah menu untuk kalian masak di rumah kalian. Sekarang saya akan share 2 resep nasi yang super enak lagi, yaitu nasi ketan ayam dan resep nasi tim ayam kampung.


Resep Nasi Super Sedap

1. Resep Nasi Ketan Ayam

Bagi yang suka makan ketan, apakah kalian pernah makan nasi ketan ayam ini? 
jika belum pernah yuk buat. Ketan biasanya dihidangkan dalam acara-acara keluarga. Resep ini juga bisa kalian hidangkan buat acara-acara seperti kondangan, selamatan atau acara-acara keluarga lainnya. Daripada selalu menghidangkan masakan-masakan yang sudah sering kalian hidangkan lebih baik coba menu baru ini untuk dihidangkan untuk mereka pasti mereka pada senang dech.

Nasi ketan ayam
By : @dada.tastes

Bahan nasi ketan ayam :
2 cup beras ketan
3 cup air
2 siung bawang putih cincang
1/2 ekor ayam kampung potong2
2 bh sosis potong dadu
3 cm jahe iris
8 bh jamur kering rendam air potong2
Daun bawang iris
2 sdm saus tiram
1 sdm kecap manis
1 1/2 sdm kecap asin
2 sdt minyak wijen
2 sdt lada


Cara membuat nasi ketan ayam :
1. Marinasi ayam dengan sebagian jahe, 1 sdm saus tiram, 1/2 sdm kecap asin, 1 sdt lada, dan 1 sdt minyak wijen selama 30 menit. 
2. Panaskan wajan lalu tumis bawang putih, jahe, jamur kering dan sosis sampai wangi.
3. Masukkan ayam dan tumis lagi smpai wangi.
4. Tambahkan beras ketan, 1 sdm saus tiram, 1 sdm kecap asin, 1 sdm kecap manis, 1 sdt minyak wijen dan 1 sdt lada kemudian aduk sampai rata.
5. Tutup api dan pindahkan ke periuk kukus semua lalu tambahkan 3 cup air. 
6. Kukus sampai beras ketan matang lalu taburi dengan daun bawang iris dan siap di sajikan.



2. Resep Nasi Tim Ayam Kampung (Aman Untuk Ibu Hamil)

www.nenginfoo.xyz

Daging ayam termasuk salah satu makanan yang sangat dibutuhkan pada saat hamil, karena daging ayam merupakan sumber protein dan zat besi yang membantu Ibu mendapatkan cukup mineral. Zat besi membantu pembentukan dan produksi sel-sel darah merah sehingga meningkatkan asupan oksigen, tidak hanya pada diri sendiri namun juga pada calon bayi. 

Nasi tim ayam kampung
By : @eunice_euston

Bahan isian nasi tim :
150 gram daging ayam kampung, bersihkan..potong kecil2
5 butir telor puyuh rebus , belah 2
5 buah jamur kancing, iris2
3 siung bawang putih haluskan
air matang secukupnya
3 sdm kecap manis
Secukupnya: garam, gula, dan lada bubuk
Minyak untuk menumis

Bahan nasi tim :
2 cup beras
Air kaldu ayam kampung (me : takaran seperti memasak nasi biasa karena tidak suka nasinya lembek) bagi yang suka nasinya lembek, bisa tambahin sedikit air
Secukupnya : Garam dan lada bubuk



Cara membuat nasi tim :
1. Tumis bawang putih sampai wangi lalu masukkan ayam dan tumis sebentar lalu masukkan jamur dan masukkan kecap manis, garam, gula, lada bubuk. Tumis sampai  matang lalu tambahkan sedikit air dan masak sampai meresap. Lalu setelah itu angkat taruh di wadah lain
2. Masak nasi seperti biasa : masukkan air kaldu ke dalam rice cooker lalu masukkan beras yang sudah dicuci kemudian tambahkan garam dan lada bubuk secukupnya dan masak sampai matang.
3. Tata telor puyuh di dalam mangkok stainless, lalu masukkan bumbu isian nasi tim dan terakhir masukkan nasi, padatkan lalu tim sekitar 25 menit.
4. Angkat dan sajikan

Comments

table of contents title