Main menu

Pages

Resep Ceker Ayam Sederhana dan Enak

www.nenginfoo.xyz

Ceker adalah salah satu makanan yang dibuat dari kaki ayam. Banyak diantara kita sangat suka makan ceker, apalagi dimakan pedas-pedas enak banget rasanya. Nah kembali lagi neng infoo share resep kreatif yang belum banyak orang ketahui. So kalian juga bisa mengikuti resep-resep yang saya share di blog ini untuk berbisnis yaitu dengan membuat masakan-masakan kreatif yang saya share untuk dijual lagi. Semua resep-resep yang neng infoo disini rasanya sangat enak jika kalian mengikuti caraq memasaknya yang benar, jadi jangan sampai salah-salah ya. Kalian juga bisa mengikuti resep yang saya share untuk dihidangkan kepada keluarga atau buat teman-teman kalian. Kali ini neng infoo share 2 resep ceker ayam ysng enak banget ni bun.


Resep Ceker Ayam

1. Resep Ceker Ayam Bumbu Rujak 

Ceker ayam bumbu rujak (tanpa santan)
By : @kummelissa

Assalamualaikum. Gara-gara kemarin lusa dibikinin ceker bumbu rujak sama kakak ipar, pulang-pulang jadi ingin bikin sendiri. Cabe rawit boleh diblender sama bumbu halus, boleh diiris atau utuh seperti aku. Karena lagi ada bumer, gak berani masak pedas-pedas. Itu gula merah bisa disisir dulu ya.

Bahan ceker ayam bumbu rujak :
500 gr ceker ayam
3 lembar daun jeruk
1 btg serai, memarkan
2 sdm gula merah
1 sdm kecap manis
1 sdm air asam jawa
Garam dan penyedap rasa secukupnya
Air secukupnya
Minyak untuk menumis

Bahan bumbu halus :
8 btr bawang merah
4 siung bawang putih
3 btr kemiri
5 bh cabe merah, buang bijinya
10 bh cabe rawit, sesuai selera
½ sdt terasi matang



Cara membuat ceker ayam bumbu rujak :
1. Rebus ceker dengan 500 ml air sampai 15 menit lalu angkat dan buang air. Lalu rebus lagi dengan 500 ml air sampai 15 menit. Kemudian angkat dan tiriskan (bisa diulang 1x lagi)
 2. Tumis bumbu halus, daun jeruk dan serai sampai matang kemudian masukan gula merah dan aduk sampai rata.
3. Masukkan ceker ayam, 500ml air, garam dan penyedap rasa. Kalau air sudah mulai menyusut, masukan air asam jawa dan masak sampai ceker empuk. Kalau belum empuk tambahkan kembali air dan masak sampai empuk dan air sat.
4.  angkat dan siap disajikan.



2. Resep Ceker Ayam Dim sum

www.nenginfoo.xyz

Ceker dim sum
By @susan_gracia 

Kemarin pas dapat hampers dari maggi langsung kepikiran buat masak ceker dim sum. Karena ceker bagian ayam yang paling mamak suka selain paha atas dan sayap. Apalagi kalau cekernya dimasak pedas dan super empuk seperti ceker dim sum ini aduhh bisa bikin gak berhenti nyomot pastinya. Kalian yang suka ceker dim sum pedass, wajib banget cobain resep ini super yummy karena pakai saus tiram dan seasoning dari maggi.

Bahan ceker dim sum :
500 gr ceker ayam, buang cakarnya lalu cuci bersih

Bahan bumbu :
4 siung bawang putih, cincang
1 ruas jahe, parut
1 buah bunga lawang
3 cm kayu manis
10 cabai rawit merah, haluskan

Bahan saus (campur & aduk rata) :
2 sdm saus tiram maggi
1 sdm seasoning maggi
1 sdt ngo hiong / bubuk lima rempah
1 sdm kecap asin
2 sdm kecap manis
1 sdt angkak, rendam air panas lalu blender
3 sdm saus sambal botolan 
1 sdm minyak wijen
1 sdm gula palem 
500 ml air

Bahan taburan : 
Daun bawang 
Cabai merah



Cara membuat ceker ayam dim sum:
1. Goreng ceker dengan minyak panas dan banyak, segera siapkan wadah berisi air es (es batu lebih baik). Kemudian angkat dan segera masukkan kedalam air es, biarkan hingga ceker mengembang, lalu tiriskan.
2. Tumis bawang putih, jahe, bunga lawang dan kayu manis hingga harum. Lalu masukkan cabai rawit merah yang sudah dihaluskan, maggi saus tiram, maggi seasoning, air dan sisa saus lainnya kedalam wajan, aduk rata lalu tes rasanya.
3. Tuang cekernya, aduk-aduk hingga rata lalu masak hingga kuahnya asat atau meresap kedalam ceker (pada tahap ini jika ingin di presto, silahkan presto selama 20 menit tanpa menunggu sampai proses bumbu saus habis).
4. Sajikan hangat


Itulah kedua resepnya, setelah ini saya akan share lagi 4 kreasi resep ceker yang rasanya sangat enak banget. Jika kalian tidak ingin ketinggalan updatenya maka masukkan alamat email kalian di kolom berlanggana artikel di blog ini. Maka kalian akan dapat notifikasi resep-resep terbaru yang akan saya share nanti.



Comments

table of contents title